Konsep Karya

 
Judul                       : Lafal Allah
Ukuran                   : 100cm x 100cm
Teknik                    : Ukir di atas kayu
1.    Tema
 
Adapun ide dasar penciptaan karya seni kriya ini secara keseluruhan adalah menggambarkan bunga matahari yang sudah mekar. Selanjutnya di tengah bunga matahari diberi lafal Allah yang dimaksudkan untuk memberi kesan keagungan Allah. Dan di setiap pojok diberi ukiran motif pekalongan untuk memberi kesan keindahan. Untuk memberi kesan penonjolan karya ukir dalam proses finishing antara ukiran dan beckground warnanya dibedakan. Untuk ukiran warnanya emas sedangkan untuk beckgroundnya adalah warna hitam mengkilap.
 
Tema sangat dipengaruhi oleh pengalaman seniman sendiri serta diharapkan dapat mempengaruhi dan menyentuh perasaan orang yang menikmati atau melihatnya.

2.    Material
Karya kriya ini menggunakan bahan kayu jati dengan pertimbangan bahwa kayu jati merupakan bahan kayu yang kuat, mudah pengerjaannya, bertekstur bagus dan berkualitas tinggi.

3.    Teknik
 
Dengan dilandasi keterampilan yang baik maka karya akan memiliki keunggulan hasil yang dapat menggugah daya tarik seseorang terhadap karya seni. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut karya ini menekankan pada teknik ukir.

4.    Proses Penciptaan Karya
 
 
Dengan menitikberatkan pada tahapan mengukir yang benar, maka urutan     mengukir adalah sebagai berikut: 
1. Merancap 
2. Nggetai 
3. Membentuk Kasar 
4. Membentuk halus, merupakan langkah penyempurnaan bentuk-bentuk cekung, cembung, rendah,  tinggi dengan lebih halus dan sempurna.
5. Kembali pada proses pengukiran, yakni memberi isen-isen yang berupa karakter     sesuai konsep awal dalam pembuatan karya. 
6. Finishing, merupakan prsoses akhir penyelesaian karya dengan memberikan lapisan     tertentu. Dalam karya ini diterapkan finishing menggunakan cat kayu berwarna emas dan hitam mengkilap.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment