10 Nasehat Dari Ciputra Agar Jadi Pengusaha Sukses dan Tangguh

Sourch: citraindahciputra.com
Memang tidak mudah untuk menjadi seorang wirausaha sukses. Dan tentu saja akan lebih sulit lagi menjadi seorang wirausaha yang sukses dan juga tangguh. Oleh karena itu Anda perlu belajar untuk bermental baja dan kuat dalam berpendirian, karena seorang wirausaha yang akan menuju kesuksesan tidak jarang akan jatuh dan gagal. Tak jarang seorang calon wirausaha yang sukses harus rela jatuh bangun berulangkali atau ribuankali sekalipun, namun tidak boleh menyerah.

Maka dengarkan kata Ir. Ciputra, seorang pengusaha sukses, bahwa agar menjadi seorang pengusaha yang sukses dan tangguh yang tidak mudah menyerah. Menurut Ciputra, bahwa seorang pengusaha harus mengetahui secara persis pasar dan bisnis yang akan dikembangkannya. Dan yang lebih terpenting adalah mempelajari kekuatan lawan dan pesaing dengan sungguh-sungguh dan mendetail. Dan oleh karenanya, seorang calon pengusaha yang sukses dan tangguh, harus berpikir dan berkutat untuk mencari kelemahan para lawan bisnisnya.

Ir. Ciputra merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Beliau mampu mendirikan beberapa grup bisnis yang berskala besar dan sukses di 20 pengembangan skala kota, 10 pusat belanja, 10 hotel berbintang, 5 padang golf dan pusat rekreasi terbesar di Indonesia (Ancol). Dalam berbisnis, Ciputra dikenal sebagai seorang yang inovatif dan menurutnya, bakat wirausaha bisa dikembangkan oleh siapa  saja, termasuk anda.

Mempertahankan bisnis hingga 35 tahun lebih  bukanlah perkara mudah. Apalagi jika bisnis tersebut terus menunjukkan kinerja yang gemilang. Itulah prestasi yang diraih Ir. Ciputra. Kesuksesan tersebut tidak hanya dirasakan beliau dan  internal perusahaan, tetapi juga dinikmati masyarakat, yang merasa terpenuhi kebutuhannya.

Menurut Ciputra, ada tiga ciri utama seorang wirausaha, sebagai berikut:
1.  Seorang wirausaha mampu melihat peluang bisnis yang tidak dilihat atau diperhitungkan orang lain. Ia bisa melihat kemungkinan dan memiliki visi menciptakan sesuatu yang baru. 

2.   Seorang wirausaha adalah mereka yang bertindak melakukan inovasi, mengubah keadaan yang tidak/kurang menyenangkan menjadi keadaan yang menjadi impian. Tindakannyalah yang membuat seorang wirausaha menjadi inovator. 

3.  Seorang wirausaha berani mengambil risiko apapun. Resiko rugi finansial maupun kerugian mental. 

Ketiga hal yang tersebut di atas adalah bekal yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk bisa merintis dan membangun puncak-puncak baru untuk diwujudkan. Sedangkan prinsip-prinsip yang ingin diwariskan Ciputra kepada wirausaha-wirausaha muda adalah:

4.    Pilih bidang usaha sesuai minat, pendidikan dan bakat-bakat terbaik kita. Bidang usaha yang menumbuhkan mimpi-mimpi itulah yang membuat semangat dan menjadi sumber energi.

5.    Tidak ada kata terlalu cepat atau terlalu lambat menjadi wirausaha. Yang penting pelajari segala hal untuk mewujudkan impian itu.

6.    Jangan tinggalkan pendidikan formal, gunakanlah pendidikan formal untuk mempelajari lebih banyak hal demi mewujudkan impian sebagai wirausaha.

7.    Mimpikanlah apa yang Anda inginkan dan inginkanlah apa yang Anda impikan. Bangunlah keyakinan bahwa impian tersebut bisa Anda peoleh degan fokus. Ceritakan pada diri sendiri dan teman-teman dekat tentang impian Anda. Bertindaklah mulai saat ini untuk mewujudkannya.

8.    Ide bisnis dapat datang dengan berbagai cara pada waktu dan tempat yang tidak terduga. Catatlah ide tersebut agar tidak mudah lupa.

9.    Meniru adalah proses inovatif. Ramulah menjadi inovasi baru yang menarik.

10.    Seorang calon wirausaha harus membiasakan diri tertarik pada praktik-praktik bisnis terbaik, dilingkungan terdekatnya ataupun dimana saja. Anda bisa belajar dari sana.

Memang mudah jika hanya menerima informasi yang bagus dan akan sulit untuk mempraktekkannya. Teori tanpa praktek bisa dibilang hasilnya nol dan praktek tanpa teori bisa dibilang ngawur.
Sekian, semoga bermanfaat. Salam wirausaha.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment