Tips Usaha Sandal Batik


Ini adalah salah bisnis yang tidak akan pernah mati. Sekarang coba anda perhatikan orang-orang di sekitar anda. baik yang sedang berjalan, duduk, atau bekerja. Perhatikan telapak kaki mereka, orang-orang di sekitar anda tidak menapakan kakinya di tanah. Sekarang anda tahu,  semua orang dari yang sederhana sampai yang kaya raya memakai sandal (alas kaki),  dari yang mahal sampai yang paling murah.

Semua orang memakai alas kaki untuk melindungi gesekan telapak kaki dengan tanah, aspal, juga kerikil atau benda berbahaya lainnya seperti pecahan kaca. Berapa banyak pasang sandal yang akan dihabiskan selama hidupnya, mulai dari kecil hingga tua, mereka selalu memakai sandal, mereka membutuhkan sandal untuk melindungi telapak kakinya, sehingga sandal adalah peluang bisnis yang tidak akan pernah mati. Selama manusia masih punya kaki.

Tetepi pada saat ini persaingan usaha sandal semakin ketat, maka dari itu mau tidak mau harus memunculkan produk baru yang terkesen unik, contoh saja sandal batik. Berikut ulasan dan sedikit tips mengenai usaha sandal batik:

1.    Keunggulan Jualan Sandal Batik

Minat konsumen akan produk sandal batik masih segar, karena produk sandal batik belum bisa didapatkan di banyak Kota di Indonesia (produk masih unik dan langka). Saat ini perkembangan sandal batik pasarnya semakin terbuka lebar, sehingga tidak heran jika banyak produsen maupun reseller atau pun pengecer produk yang memasarkan produk tersebut hingga berbagai pelosok daerah. Selain peluang pasarnya yang semakin bagus,  bisnis sandal batik juga memiliki target pasar yang jelas. Jadi, para pelaku usaha bisa lebih fokus mengembangkan kualitas produknya untuk membangun loyalitas konsumen yang telah mereka bidik.

Sandal batik dengan motifnya yang unik dan beraneka ragam membuat produk terlihat sangat memukau, karena tidak mungkin dijumpai motif yang sama dalam 1 model.

Sandal batik tersebut juga cocok untuk sandal hotel ataupun untuk event- event khusus lainnya yang berbau nusantara.

2.    Hambatan

Disamping memiliki banyak keunggulan dan kemudahan, ada beberapa hambatan yang sering dihadapi para pelaku usaha sandal batik ini. Misalnya saja seperti persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat, seiring dengan meningkatnya jumlah permintaan para konsumen. Bahkan saat ini para produsen sandal mulai berlomba-lomba untuk menciptakan kreasi sandal unik dengan harga jual yang murah, sehingga sebagian konsumen lebih tertarik dengan produk sandal yang kualitasnya biasa namun harga jualnya lebih murah dibandingkan produk-produk sandal yang kualitasnya lebih bagus namun harganya lebih mahal. Kondisi inilah yang bisa merusak pasaran harga, sehingga banyak pelaku bisnis sandal yang mulai banting harga untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin hari semakin tajam.

3.    Teknik Pemasaran

Untuk mengenalkan produk sandal batik anda ke pasaran, bisa dimulai dengan memberitahu teman-teman dekat atau keluarga anda melalui media social, seperti facebook, BBM, WhatsApp, twitter, dll. Bisa juga mengikuti berbagai kegiatan pameran UKM yang diselenggarakan instansi pemerintahan maupun swasta. Strategi pemasaran ini cukup efektif, sehingga produk Anda semakin dikenal masyarakat luas dan membuka peluang- peluang baru bagi bisnis Anda untuk menjalin kerjasama dalam rangka memperluas atau melakukan ekspansi pasar, misalnya saja ada sebagian pengunjung pameran yang tertarik menjadi agen/ reseller produk sandal batik Anda.

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan media massa sebagai alat untuk mendukung kegiatan promosi produk. Misalnya saja dengan memasang iklan di majalah, surat kabar, membuat website/blog untuk membuka toko online, atau bisa juga mengiklankan sandal tersebut melalui radio maupun stasiun televisi lokal dan nasional. Semakin rajin Anda melakukan kegiatan promosi baik secara online maupun offline, maka akan memperbesar peluang pasar sehingga memperbesar terjadi penjualan dan memperkuat brand produk yang ditawarkan.

4.    Kiat Sukses
Dalam menjalankan bisnis sandal batik yang memegang peranan penting adalah desain produk yang Anda ciptakan dan bagaimana strategi pemasaran yang dijalankan. Maka dari itu buatlah desain yang benar-benar unik agar para pesaing Anda cukup kesulitan untuk menduplikasikan produk tersebut. Kunci kesuksesan yang kedua adalah menyusun strategi pemasaran yang kreatif agar produk Anda tidak terlihat murahan atau pasaran. Jadi, sebaiknya promosikan produk Anda melalui para agen resmi atau reseller produk, agar kualitas dan harga jual sandal di pasaran bisa terkontrol dengan baik, dan citra merek yang dibangun bisa tetap terjaga dimanapun produk tersebut dipasarkan.

5.    Sedikit Contoh Analisis Ekonomi 

Harga sandal batik yang pernah saya telusuri adalah harga grosir Rp 9000/ pasang, atau Rp 180.000/ kodi. Harga tersebut sudah terbilang murah mengingat proses pembuatannya. Terus saya pernah liat di jalanan Malioboro Jogja sandal batik ini dijual dengan harga Rp 15.000 - Rp 20.000/ pasang. Berarti keuntungannya sekitar Rp 6.500 - Rp 11.500/ pasang. Jika anda mengambil stok per kodi dengan harga Rp 180.000/ kodi, kemudian dijual dengan harga eceran, maka keuntungan per kodi bisa mencapai lebih dari Rp 200.000.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam sukses sebagai pedagang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment