Hobi Ikan Arwana

Tak sedikit penggemar ikan hias merasa khawatir mengadopsi arwana super red karena mengira perawatannya sulit. Padahal, menurut Mr. Batara, pecinta Arwana asal Dewi Sartika, Bekasi, memelihara super red tidak sulit. Perawatannya pun tak terlampau merepotkan. "Awalnya saya memang takut karena harganya mahal. makanya saya coba dulu memelihara golden yang katanya lebih mudah. Setelah pelihara super red, ternyata sama mudahnya," ungkapnya.

Ichsan Fadin, penggila siluk merah di Bekasi juga mengungkapkan tentang kemudahan memelihara Super red. Semua Jenis Arwana sebenarnya sama cara pemeliharaannya. Hanya karena harganya mahal, super red dianggap paling sulit. "Bahkan memelihara ikan mas koki jauh lebih merepotkan di bandingkan arwana super red. Sebagai ikan asal sungai, arwana punya daya tahan tinggi dan tidak mudah mati," tandasnya.

Menurut Pria yang mempunyai anak satu ini, "Saya memelihara arwana untuk tujuan hobi. Makanya saya memilih cara memelihara yang tidak merepotkan."  ujar Icsan Fadin, salah satu penggila ikan arwana super red. Semisal sistem filterasi, ia tidak menggunakan filter canggih dan mahal. Cukup dengan kapas untuk menjaga kualitas air. Media kapas dapat dipantau.

Arwana di aquarium tertutup dengan background gelap. "Saya sarankan juga menambahkan garam ikan untuk osmoregulator supaya metabolismenya bagus." Menurut Bapak Anak satu ini. garam ikan adalah NaCl murni yang tidak bisa diganti dengan garam dapur yang mengandung yodium. Umumnya juga dipakai oleh ikan hias lainnya. Satu genggam garam ikan (sekitar 20 gram) dilarutkan untuk 100 liter air. Setiap ganti air.

Untuk perawatan rutin sebaiknya di sediakan juga perlengkapan standar alat sifon plus selang untuk menyedot kotoran. Alga magnet dan kanebo untuk membersihkan kaca akuarium. Fish net alias jaring kecil dengan ukuran mata jaring rapat untuk menyerok kotoran sisa makanan yang mengambang.

Arwana super red atau golden red yang harganya mahal sering kali bikin keder para pemula yang ingin memeliharanya. Supaya hati tidak ketar - ketir karena khawatir, para hobiis pemula ada baiknya memelihara arwana silver. Di pasaran, Arwana tersebut dihargai relatif murah. Warna dan sisiknya tak kalah keren. Jenis itu, antara lain arwana hijau, irian, australia, hitam, dan silver. Jenis tersebut di pasaran sangat relatif murah. Cara memeliara arwana jenis apapun pada prinsipnya tidak berbeda. Syarat hidup (kualitas air) maupun kebutuhan hidupnnya. Begitu juga menunya sama, antara lain kelabang, anak katak, jangkrik, ikan kecil, atau udang. Dengan perawatan yang benar arwana silver pun bisa tampil tak kalah indahnya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment