Ternyata, Orang Berkepribadian Introvert Punya Sifat Pemimpin Yang Baik

Pada umumnya atau sering dijumpai bahwa orang-orang ekstrovert sering kali dicap memiliki karakteristik atau sifat yang identik dengan seorang pemimpin. Yakni memiliki pribadi yang terbuka sehingga mereka mudah berteman dengan orang yang baru dikenal. Mengingat seorang pemimpin yang baik harus fleksibel, itu sangat mendukung tentunya.

Poin plus lagi, bahwa mereka juga pandai bersosialisasi meskipun dengan orang yang baru ditemuinya sekalipun. Walaupun demikian, bukan berarti mereka yang berkepribadian introvert tidak bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Karena sebenarnya mereka yang berkepribadian introvert justru banyak memiliki sifat-sifat yang bisa mendukung untuk menjadi pemimpin yang baik. Kalau kamu adalah seorang introvert, ada baiknya kamu perlus bersyukur karena memiliki sifat-sifat yang terulas dibawah ini yang penting untuk kamu ketahui.

1.  Orang introvert memang suka menyendiri, inilah waktu baginya untuk berpikir dan refleksi

sufistik.com
Mungkin kesendirian bagi sebagian besar orang ekstrovert bagaikan menjadi jomblo, kesendirian hal yang tak tertahankan bagi ekstrovert. Faktanya, mereka selalu dan butuh dikelilingi oleh orang-orang terdekat meskipun kadang mereka menimbulkan sebuah masalah dalam kerja. Jika kamu seorang introvert, kamu justru diberkahi dengan kenyamananmu akan kesendirian tersebut. Kamu akan diuntungkan akan hal itu karena kamu tahu karya-karyamu terlahir ketika kamu sedang sendiri dan fokus terhadap kerjaanmu. Sebagai pemimpin, kamu pun fokus dan tidak takut akan gangguan-gangguan eksternal yang datang, bahkan kamu pun nggak perlu takut nge-jomblo.

2. Pribadi introvert nggak terlalu suka banyak bicara. Karena baginya mendengarkan pendapat anggota tim kadang lebih bermanfaat.

haiineola.com
Pendengar yang baik memang sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin. Dan seperti yang telah kamu ketahui bahwa fakta orang-orang yang introvert adalah tipe pendengar yang baik. Dalam kehidupan sehari-hari, orang berkepribadian introvert memang jarang banyak bicara, tapi disaat yang bersamaan mereka malah pintar mengobservasi lingkungan sekitar. Mereka pun ahli dalam belajar melalui apa yang didengarnya dan diperhatikannya yang ada  di sekitar mereka. Sejatinya, pendengar yang baik dapat menjadi seorang pemimpin yang berkualitas. Nah, kalau kamu seorang introvert dan kamu menjadi pemimpin, kamu akan selalu menghargai pendapat para anggota tim-mu. Pendapat mereka pun akan selalu kamu respon dengan baik, jadi bukan sekedar masuk kuping kanan keluar kiri aja, tapi sudah melalui prises di otak kamu.

Jika dibandingkan dengan pribadi ekstrovert, hal tersebut tentunya menjadi hal yang berbeda.. Perbedaannya adalah ketika seorang pemimpin berkepribadian ekstrovert, mereka justru kurang mendengar anak buahnya, terutama mereka yang sama-sama esktrovert. Pemimpin yang ekstrovert akan lebih efektif  jika  memimpin anggota tim yang introvert, sedangkan pemimpin introvert lebih fleksibel. Dan ini menjadi nilai lebih tentunya.

3. Si Introvert mempunyai sifat hati-hati dan penuh persiapan, walaupun mereka kurang spontan

iyakan.com
Sejatinya, semua jenis pemimpin memang perlu menjadi seorang yang hati-hati dan penuh persiapan. Nah, sifat pemimpin yang satu ini bagi introvert datangnya sangat alami. buat. Kesampingkan saja kamu seorang introvert sering dibilang nggak menyenangkan karena kamu kurang spontan dan kurang berani mengambil resiko.  Karena sifat alamimu memang selalu kamu pikirkan secara baik-baik, dengan penuh konsentrasi dan juga ketelitian. Tentunya hal ini dapat menjadi hal yang berguna dalam pengambilan keputusan, menjaga hubungan dengan rekan kerja, maupun dalam berkomunikasi dengan bawahan-bawahan kamu.

4.  Kebanyakan orang introvert punya sikap rendah diri yang membuat anak buah jatuh hati

kompasiana.com
Hal ini tidak mengartikan bahwa  mereka yang ekstrovert sombong. Tapi, menurut penelitian yang ada mengatakan kalau orang-orang introvert lebih identik dengan sifat rendah hati dibanding mereka yang ekstrovert. Karena memang sudah sifat mereka yang ekstrovert untuk menuntut perhatian orang lain pada diri mereka. Sedangkan mereka yang introvert justru suka memberi perhatian pada orang lain. Dan guna  dalam kepemimpian adalah mereka bisa memberi perhatian penuh terhadap anggota-anggota tim. Istilahnya, mereka yang introvert itu pemimpin yang mengayomi dan peduli pada bawahannya.

5. Sifat kalem seorang introvert memang bisa memberi rasa aman dan nyaman bagi bawahannya

seputarindonesia.info
Kebanyakan orang juga tahu bahwa orang berkepribadian introvert biasanya lebih pendiam dan kalem dari mereka yang ekstrovert. Walaupun terkadang dinilai sebagai hal yang negatif, sifat pendiam itu justru dapat menjadi titik ketenangan di tengah-tengah kekacauan dalam dunia kerja, sehingga bisa meminimalisir kekacauan tersebut. Karena pemimpin yang kalem dan tenang dapat menjadi sandaran hati bagi para bawahannya. Yang dimaksud sandaran hati di sini adalah mereka yang introvert punya kharisma tersendiri yang bikin mereka terlihat layaknya seorang pemimpin yang berwibawa dan dapat dipercaya akan jiwa kepemimpinannya. Ditambah lagi, karena mereka jarang bicara, sekalinya bicara semua orang pun akan mendengarkannya dengan seksama.

Nah, pada akhirnya buat kamu yang berkepribadian introvert, jangan mau ya dibilang bahwa kamu nggak bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Katrena hal tersebut hanya mitos belaka yang lama beredar. Karena seorang introvert, sejatinya juga punya banyak kualitas-kualitas yang dapat mendukungmu untuk menjadi pemimpin berkualitas baik. Kalau kamu tidak setuju silahkan berkomentar..

Previous
Next Post »
Thanks for your comment